Sabtu, 12 Februari 2011

4 Ilmuwan Pengubah Dunia

Aristoteles (384SM – 322SM)

Aristoteles lahir di kota Stagira, Makedonia tahun 384 SM dan ayahnya seorang ahli fisika. PAda usia 17 tahun beliau pergi ke athena untuk belajar di Akademi Plato.
Aristoteles adalah seorang filsuf dan ilmuwan terbesar dalam masa lampau. Dia memelopori penyelidikan ihwal logika yang memperkaya hampir tiap cabang falsafah dan memberi sumbangsih tak ternilai besarnya pada ilmu pengetahuan.
Karaya aristoteles ternyata sungguh mencengangkan adalah beberapa karyanya masih tetap bertahan dan tetap dipakai sampai kini.

Galileo Galilei (1564 – 1642)
Ilmuwan besar dari Italia ini sudah amat terkenal lahir di Pisa, Italia pada tahun 1564. Ia pernah berhenti kuliah karena masalah keuangan namun akhirnya di tahun 1589 dapat tugas mengajar di Univestas Pisa.
Sumbangan penting pertama pada umat manusia dan ilmu pengetahuan adalah di bidang mekanika. Beliau mencetuskan bahwa benda yang berat atau ringan jatuh pada kecepatan yang sama kecuali sampai batas mereka berkurang kecepataanya akibat gesekkan udara.
Sumbangan besar galileo lainnya adalah pada hukum kelembaman. Jika kekuatan melambat seperti pergeseran dapat dihilangkan maka benda bergerak cenderung tetap bergerak tanpa batas.
Keberhasilannya adalah memainkan peran dalam hal meletakkan dasar-dasar ilmu pengetahuan modern.

Albert Einstein (1879 – 1995)

Albert Einstein lahir pada tahun 1879,di kota Ulm, Jerman. Beliau memasuki perguruan tinggi di Swiss dan menjadi warga negara Swiss tahun 1900. Ditahun 1905 beliau mendapatkan gelar doktor dari Universitas Zurich.
Albert Einstein adalah orang terhebat pada abad 20 dan belum ada tandingannya sepanjang zaman ini. Termasuk teori relativitasnya, yaitu teori khusus relativitas yang dirumuskan tahun 1905 dan teori umum telativitas yang dirumuskan tahun 1915yang lebih dikenal dengan Hukum Gaya Berat Einstein.
Teori relativitas Einstein yang menyatakan bahwa “Benda dan energi berada dalam arti yang seimbang” yang dirumuskan E = Mc².

Issac Newton (1642-1727)

Issac Newton, merupakan ilmuwan paling besar dan paling berpengaruh di dunia, lahir di Woolsthrope, Inggris pada 25 Desember 1642. Ia lahir yatim karena ayahnya meninggal sebelum ia lahir.
Pada usia 18 tahun ia masuk Universitas Cambridge. Mulai saat itu ia sangat cemerlang melahap ilmu pengetahuan dan matematika. Pada usia 21 tahun ia sudah mulai melakukan penyelidikan sendiri, hingga pada usia 29 tahun sudah merumuskan dalil. Hasil penelitiannya di bidang astronomi dan mekanika menghasilkan penemuan yang dikenal dengan istilah “ Hukum Gerak Newton”
Pengembangan penemuan Newton kemudian menadi hukum gerak newton yang ke dua dengan rumus F = m.a

adakah generasi pengganti ke 4 ilmuwan diatas yang sangat berpengaruh terhadap perubahan masa depan  dunia......????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar