Selasa, 22 Februari 2011

TEKNIK PRESENTASI


Artikel kali ini  tentang Teknik Presentasi, dimana kita pasti akan menjumpai hal tersebut terutama bagi rekan-rekan  yang akan menyelesaikan Tugas akhir (TA). Dalam artikel ini saya akan berbagi ilmu yang saya ketahui mengenai Teknik Presentasi
1.    Presentasi sebagai alat komunikasi
a. Presentasi merupakan alat komunikasi tangguh dalam usaha untuk menyampaikan blaporan atau keterangan
b. Presentasi juga dapat digunakan untuk menunjukan kemampuan, karena cara dari seseorang memberiakn presentasi dapat dinilai seberapa jauh ia menguasai bidangnya.
2. Tujuan teknik presentasi
a. Mempersiapkan diri sehingga sikapnya akan menunjang pembawaan presentasinya
b. Mempersiapkan materi presentasi sehingga menarik perhatian orang yang dituju
c. Mengenali masalah-masalah dalam memberi presentasi bagaimana menanggulanginya
d. Menggunakan teknik-teknik khusus agar presentasi mencapai maksud dan tujuan si pembawa
3. Prinsip dasar dalam presentasi
a. Jangan mengandalkan teks lengkap, sajikan dalam bentuk pinter
b. Pelajari setiap audience
c. Periksa ruangan dan perangkat pendukung presentasi sebelum mulai
d. Jangan bicarakan sesuatu yang mereka sudah ketahui atau tidak ingin mereka dengar
e. Jangan audience jenuh. Kejenuhan dapat dihindari dengan selingan dialog dan humor, tapi jangan berlebihan
f. Jangan merendahkan diri dengan mengatakan ”maaf saya sebenarnya tidak siap....”, atau ”saya baru belajar...”
g. Jika perlu latihan dulu. Mintalah orang dekat anda untuk memberikan umpan balik
h. Berpakaian yang rapi dan cerah !
i. Jangan bicara seperti anda sedang mengobrol dengan seseorang
j. Bersikap yang mengundang simpati dan kagum karena pengetahuan anda
4. Trik-trik presentasi tugas akhir
a. Perhatikan preferensi individu dari anggota tim dosen penguji
Setiap anggota tim dosen pasti memilki preferensi yang berbeda-beda. Ada yang berfokus terhadap korelasi antara tujuan penelitian dengan kesimpulan, fokus kepada cara presentasi anda, fokus terhadap kedisiplinan anda dalam menulis karya ilmiah dsb. Preferensi-prefensi ini harus bisa anda identtifikasikan sehingga anda dapat menyesuaikan diri dengan preferensi tersebut. Anggaplah ini adalah latihan anda untuk tantangan sesungguhnya didunia kerja, pasti bos anda yang meminta berbeda dibandingkan yang lain.
b. Tips tujuan penelitian
Tujuan penelitian sebaiknya adalah tujuan akhir dari skripsi anda berupa produk yang anda hasilkan. Anda tidak perlu menuliskan tujuan antara, karena hal ini seharusnya ditekankan ketika menjelaskan metodologi penelitian. Pengecualian jika memang tujuan akhir anda ternyata memilki 2 produk atau lebih yang berbeda dan bukan merupakan input bagi yang lainnya. Misalnya anda memilki 2 tujuan akhir, pruduk A dan B, maka jika A adalah input bagi B, maka sebaiknya yang ditulis hanya B.
1) Begin with the end in mind
-        Konsep begin with the end in mind adalah konsep dari 7 kebiasaan manusia yang efektif, dan menjelaskan pentingnya kita berfikir tentang apa yang ingin kita dapatkan pada akhirnya sebagai panduan dan patokan dalam merencenakan kegiatan kita. Semakin detail dan jelas hasil akhir yang kita ingin dapatkan semakin mudah pula anda mencari hal-hak yang harus kita lakukan untuk mencapainya.
-        Apa sih. output dari skripsi anda? Apakah berupa tabel rencana produksi, sebuahdaftar rekomendasi perbaikan, sebuah gambar desain sisem/produk, sebuah sebuah daftar hasil analisa yang berguna dalam mengambil keputusan. Artinya secara sederhana hasil skripsi anda adalah bisa berupa gambar, flowchart, tabel,daftar, tulisan yang terstruktur (rencana) dan lainnya
2) Tips slide presentasi
-          Perhatikan pada flowchart metodologi penelitian untuk mudah dibaca, jangan copy paste langsung dari aplikasi lain karena biasanya akan mengecilkan dan akibatnya sulit untuk dibaca tulisannya. Dosen anda tidak semuanya masih muda, banyak yang sudah ”dewasa”, sehingga pastikan anda menggunakan huruf besar dalam materi presentasi.
-          Huruf slide adalah simple, jenis huruf yang jelas, ukuran huruf yang bisa dibaca dari jarak 10 m dari dinding.
-          Warna slide huruf yang kontras dengan latar belakangnya.
-          Jangan jadikan anda sebagai referensi, jika bagi anda mudah atau sudah jelas belum tentu bagi orang lain adalah sama. Perhatikan yang jelas di screen komputer anda belum tentu jelas di tampilan LCD. LCD yang dimiliki departemen juga memiliki kualitas terang yang berbeda-beda sehingga belum tentu warna-warna yang anda lihat di screen komputer bisa direpruduksi dengan tepat ke layar utama.
-          Layout yang natural dari atas kebawah dan kiri ke kanan. Ini karena memang bahasa indonesia didesain seperti lain dengan lain di dunia.
-          Handsout presentasi. Warna-warna jelas dilayar belum tentu memilki hasil cetak yang mudah dibaca. Kombinasi warna-warna cantik dilayar bisa mengtakibatkan gambar pudar, huruf yang tidak tercetak jelas (apalagi dengan kualitas fotocopy yang buruk). Jika perlu buatlah versi hitam putih dari presentasi anda terlebih dahulu untuk dicetak sebagai handsout.
3) Pertanyaan sering diajukan (frequently asked questions)
Pertanyaan dibawah ini diharapkan membantu anda untuk menyiapkan diri untuk menyiapkan diri untuk menjawabnya, tetapi ini hanya sebagian kecil dari kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan kepada anda, jadi tetap bersiap diri lebih baik.
-        Kenapa anda menggunakan metodologi ini? Apakah ada metodologi lain yang sebenarnya bisa anda gunakan? Sudahkah anda memahami semua metodologi anda?
-        Apakah konsep yang anda ajukan dapat digunakan dalam kondisi yang berbeda, tempat yang berbeda? Jika iya, apakah ada syarat-syarat khusus?
-        Apa yang anda pelajari yang menurut anda, unik dan tidak terdapat dalam teori yang anda telah baca?
Huhhhh akhirnya jadi juga..
Semoga artikel ini dapat membantu. Dan yang pasti jangan pernah lupa untuk berdo’a kepada-Nya agar presentasi anda berhasil dan berjalan dengan lancar..
Semoga sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar