Kamis, 10 Februari 2011

JIKA ANDA SEORANG IBU


Jika Anda seorang ibu, penuh dedikasi, memberi dorongan, mendukung dan mencurahkan kasih sayang, serta mengerahkan kepandaian skolastik Anda untuk anak — dengan ‘bahasa cinta’ favorit mereka — niscaya si kecil akan senang berdekatan dengan Anda. Inilah 22 alasan (ditulis dalam bentuk penuturan anak) mengapa si kecil senang berdekatan dengan Anda.
Bahasa cinta anak Anda: Sentuhan Fisik
  • Ibu rajin memijatku kalau tubuhku pegal dan ingin dipijat.”
  • Ibu selalu menggandeng/menggenggam tanganku kalau aku cemas atau takut.”
  • Ibu selalu mengusap punggung atau bahuku bila aku sedih atau kecewa.”
  • Ibu senang menepuk-nepuk bahu atau punggungku setiap aku berhasil menyelesaikan sebuah tanggung jawab atau mengatasi sebuah tantangan. Ibu juga sering mendekap dan memelukku tiap aku ingin dimanja-manja.”
  • Ibu selalu menyentuhku dengan lembut agar aku kembali memperhatikan pelajaranku.”
Bahasa cinta anak Anda: Kata-kata Persetujuan
  • bu selalu bilang ‘Kamu benar’ kalau aku benar, meski itu pahit dan berat buat Ibu.”
  • Ibu selalu mengatakan hal-hal yang mendorong dan membesarkan hatiku, walaupun keinginanku aneh atau mustahil.”
  • Ibu selalu mengucapkan dukungan saat aku terpuruk dalam kesedihan atau kekecewaan. Misalnya, ‘Kamu lagi sedih ya? Apa yang bisa ibu bantu?’”
  • Ibu selalu memujiku, sebelum meluruskan kesalahanku. Misalnya, ‘Wah, tendanganmu kencang sekali. Bisa mengalahkan Tsubasa, nih. Tapi lain kali arahnya jangan ke pot bunga ibu, ya!’”
  • Ibu selalu memujiku, sekecil apapun kemajuanku saat belajar, meski hanya dengan satu kata seperti ‘Sip!’ atau ‘Oke!’”
Bahasa cinta anak Anda: Pemberian/Hadiah
  • Ibu selalu berusaha mencari tahu kesukaanku dan mengupayakan untuk memberikannya padaku.”
  • Ibu selalu memberi sesuatu untuk membesarkan hatiku. Misalnya, membelikan sepatu yang ringan waktu aku mau ikut lomba lari, menyiapkan hidangan istimewa waktu aku mengundang teman-temanku untuk pertama kali, membuatkan ramuan ‘antiserak’ saat suaraku hilang menjelang aku ditunjuk menjadi komandan gerak jalan.”
  • Ibu selalu memberiku sesuatu yang berarti saat aku sedih atau kecewa. Meski cuma sebait puisi buatan ibu sendiri, atau buku kecil berisi kumpulan doa penenang hati.”
  • bu selalu memberiku hadiah menarik setiap ada momen istimewa dalam hidupku (ulang tahun, kenaikan kelas, menjuarai lomba, dikhitan (atau haid pertama)).”
  • Ibu selalu memberi aku benda-benda menarik yang berguna untuk pelajaranku, seperti globe, atlas terbaru, kamus lengkap, kaca pembesar, preparat, dan banyak lagi.”
Bahasa cinta anak Anda: Pelayanan
  • Ibu selalu membantuku menyiapkan keperluanku sehari-hari, dengan tangannya sendiri. Jarang sekali menyuruh bibi atau orang lain.”
  • Ibu selalu menangani sendiri momen-momen istimewaku. Ia merancang dan menyiapkan semua keperluan pesta ulang tahunku, menjahitkan baju untuk pentas perdanaku, dll.”
  • Ibu selalu membantuku menyiapkan semua kebutuhanku sebelum belajar, supaya aku lebih bersemangat.”
Bahasa cinta anak Anda: Waktu Berkualitas
  • Ibu selalu menyediakan waktu khusus untuk berduaan denganku setiap hari, walau hanya beberapa menit.”
  • Ibu selalu bersedia meluangkan waktu khusus lebih banyak, jika aku sedang memerlukan dorongan atau dukungannya.”
  • Ibu selalu memanfaatkan setiap detik kebersamaan denganku untuk hal-hal yang menyenangkanku. Misalnya mendengarkan dan menanggapi curhat-ku, saling bertukar cerita lucu, dll.”
  • Ibu selalu membimbingku belajar di rumah setiap hari, dan membiarkan aku memilih gaya dan suasana belajar yang kuinginkan.”
Selamat menikmati kedekatan anak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar